Monday, 23 August 2010

Cara kerja kompor induksi

Kalau kawat konduktor dialiri arus listrik, maka di sekelilingnya akan terbentuk garis gaya magnet.
Jika kawat konduktor itu dibentuk kumparan dan di dekatnya diletakkan materi yang dapat menghantarkan listrik (biasanya logam), maka logam tersebut akan menerima pengaruh garis gaya magnet lalu di dalam logam tersebut akan mengalir arus eddy
Nah, setiap logam biasanya memiliki hambatan listrik, dan arus yang mengalir dalam logam tersebut akan menghasilkan joule heating sebesar P = × R, dimana P adalah daya, I untuk arus, dan R untuk hambatan, daya inilah yang keluar sebagai panas dan proses yang berlangsung dinamai pemanasan lewat induksi.

Kelebihan Kompor Induksi:

1. Bertenaga (Powerful) dan Efisien

Pada kompor IH, energi yang terbuang hampir tidak ada, pengubahan energi listrik ke panas berlangsung dengan efektif. Sehingga dengan daya listrik lebih kecil, kompor IHmampu mendidihkan air lebih cepat dari kompor gas. Tapi, jika dibandingkan dengan sistem pembakaran seperti pada kompor gas yang menyebabkan daerah sekeliling panci juga ikut panas, sistem IH hanya memanaskan daerah sekitar alas. sehingga akan ada beberapa jenis masakan yang kurang cocok jika menggunakan sistem IH ini. kesimpulannya adalah: efektifitas panas yang dihasilkan di sini tidak selalu disertai dengan efektifitas dalam proses memasak.

2. Tidak mengeluarkan api

Berbeda dengan pemanasan yang menggunakan api, sistem IH yang tidak menggunakan api ini menghasilkan kemungkinan terjadi kecelakaan luka bakar yang rendah dan tingkat keamanan yang tinggi. selain itu, proses ini juga tidak memanaskan udara di sekitarnya, sehingga orang yang sedang berada di dekat alat masak IH tidak akan merasa kepanasan.

3. Mudah dalam mengatur temperatur

Melalui pengaturan jumlah arus listrik yang mengalir di kumparan, tingkat kepanasan IH dapat dengan mudah disesuaikan dengan panas yang dibutuhkan.

4. Tingkat keamanan yang tinggi

Hal ini sesuai dengan keuntungan nomer 2 di atas, karena tidak mengeluarkan api resiko luka bakar hampir tak ada. Resiko kebakaran karena jilatan api yang menari-nari karena angin jugabisa dikatakan mendekati nol. Selain itu, dalam keadaan kumparan teraliri arus listrik, permukaan IH tidak akan terasa panas jika disentuh dengan jari yang hanya akan teraliri listrik dalam jumlah kecil (dalam kondisi tidak sedang menggunakan logam seperti cincin, gelang, dkk). Tidak adanya proses pembakaran menyebabkan tidak adanya risiko terjadinya kekurangan oksigen dalam ruangan. Tapi ingat, menyentuh panci, wajan atau alat masak dalam keadaan panas tentu saja bisa menyebabkan luka bakar loh.

5. Ekonomis

Dengan kemampuan tak jauh berbeda dengan kompor gas, kompor induksi ini memerlukan lebih sedikit energi untuk keperluan yang sama sehingga tagihan listrik juga lebih murah.

Namun, untuk panci berbahan aluminium yang bertahanan listrik rendah, kurang cocok untuk kompor jenis ini.

Catatan tambahan (istilah lain induction cooker atau kompor induksi) :

Induction Cooker atau yang biasa disebut Kompor Induksi, yang merupakan alat rumah tangga khususnya perlengkapan memasak dapur anda ini merupakan produk terbaru yang pengunaannya sangat mudah dengan power output yg dapat diatur mulai 100W – 1500W dan temperatur 80°-280°, kompor ini bekerja dengan prinsip induksi dan tidak mengeluarkan panas sama sekali, kompor induksi ini diatur oleh sebuah chip mikro kontroler yang dapat beradaptasi pada jumlah masakan dan jenis

INDUCTION COOKER salah satu produk yang bermanfaat bagi ibu-ibu rumah tangga. Penggunaan cukup di sambungkan ke listrik, kelebihan produk ini pada saat memasak dipegang dari setiap posisi tidak menimbulkan panas sama sekali, contohnya air dimasak diatas kompor lalu kompor dipegang tidak menimbulkan panas tapi air bisa mendidih 100 `C. Power out put bisa di atur mulai dari 100 s/d 1500w.

•PRAKTIS DAN MUDAH DIBAWA, SESUAI UNTUK KEGIATAN LUAR MURAH
•HIGIANIS DAN MEMASAK SECARA OTOMATIS
•MENGGUNAKAN KONTROL PEMANAS YANG MUAH DAN OTOMATIS
•1 MIN AUTO DAN 2 JAM PROTEKSI ( MATI SECARA OTOMATIS )
•MENGGUNAKAN PANEL KERAMIK YANG DAPAT MELAWAN SUHU TINGGI , MUDA DI CUCI DAN DI RAWAT
•MENGGUNAKAN TEHNOLOGI DARI JERMAN DAN TEHKNOLOGI PERMANEN ELEKTROMAGNETIK
•MENGGUNAKAN KONTROL MIKRO-KOMPUTER DAN MULTIFUNGSI
•EFISIEN, MENGHEMAT WAKTU DAN LISTRIK

4 comments:

  1. maaf mau tanya peralatan kompor induksi tuh contohnya apa yah? bisa dibeli dmna? saya cari susah banged....beli berkali" ga ada yang cocok

    ReplyDelete
  2. iya nih, gw mau tinggalin LPG TERKUTUK itu, nyari AMAN AJA SUSAH

    ReplyDelete
  3. jadi yang bagus, dibawah 1 jt aja ya,
    kalo yg mahal itu kenapa mbak>>>? makasih

    ReplyDelete
  4. bisa minta cara pembuatannya gak n bahan yang diperlukan apa saja terutama untuk rangkaian sistem induksi

    ReplyDelete